Sunday, August 19, 2018

SUMBER KEBAHAGIAAN YANG PALING SEJATI

 
Anda boleh saja mengatakan bahwa anda melakukan sesuatu demi mencari uang, demi kekuasaan, namun apa yang kita lakukan semua itu sesungguhnya adalah demi mencari kebahagiaan. Bahkan dalam beragama pun yang kita cari adalah demi mencari kebahagiaan. Dengan demikian apapun yang kita lakukan terutama apa yang kita lakukan adalah demi kebahagiaan, namun apakah kita berhasil menemuinya? Tidak!!! Mengapa?!!! Karena kita mencari kebahagiaan di tempat yang salah. Orang-orang seringkali berpikir bahwa jika mereka dapat menemukan kebahagiaan di dalam uang, sehingga mereka mencoba sedapat-dapatnya untuk menjadi kaya raya. Bila mereka sudah kaya, apakah mereka benar-benar bahagia? Jika kekayaan merupakan sumber kebahagiaan, orang-orang kaya pasti hidupnya lebih bahagia daripada orang yang sederhana tetapi bersyukur dalam hidupnya. Tidak jarang kita temukan, orang-orang sederhana yang tidak terlalu berhasil, lebih bahagia daripada mereka yang kaya raya. Bahkan kita pernah mendengar beberapa orang kaya dan terkenal yang mencoba bunuh diri. Mereka mungkin tidak pernah berpikir untuk bunuh diri jika kekayaan merupakan sumber kebahagiaan. Jadi, kekayaan bukanlah jaminan sebagai sumber kebahagiaan yang sesungguhnya.

Demikian pula kekuasaan, nama baik ataupun kemasyuran ataupun kekuasaannya, mereka sebenarnya hidup dalam kebingungan, keresahan. Ini menunjukkan bahwa kemasyuran ataupun kekuasaan bukanlah sumber utama bagi kebahagiaan bahkan hal-hal tersebut malah dapat menjadi sumber bagi kerisauan dalam hidup mereka. Karena semua itu tidak luput dari hukum ketidak-kekalan dan dapat mempengaruhinya. 

Sebagian orang berpikir bahwa mendapatkan seorang pasangan, seorang kekasih yang baik yang cantik, dapat menjadi sumber kebahagiaan. Ini hanya mungkin untuk tahap awal-awalnya saja namun tidak berlaku secara keseluruhan. Sebagian orang berpikir bahwa anak-anak merupakan sumber kebahagiaan namun jika mereka terpaksa harus berpisah karena sesuatu hal, yang cepat atau lambat pasti akan datang, mereka merasa menjadi menderita. Sebagian orang berpikir bahwa menang lotre dan main saham dapat menjadi sumber kebahagiaan, makanya mereka bertaruh. Bahkan ketika mereka menang, mereka hanya bahagia untuk sementara waktu saja. Sebagian orang berharap dapat menemukan kebahagiaan dalam minuman keras. Untuk sementara mereka bahagia sewaktu mereka teler atau mabuk oleh minuman itu, namun sesaat kemudian mereka kembali tidak bahagia seperti semula. Sumber-sumber dari luar diri kita bukanlah sumber kebahagiaan sebenarnya. Yang membuat kita bahagia ada di dalam yaitu terutama adalah pikiran kita sendiri. Pikiran yang dapat dikendalikan, dikembangkan, adalah sumber kebahagiaan sejati yang sebenarnya.

Sufi
Rahayu
www.pusatgurahjakarta.com

0 comments:

Post a Comment